How I Finally Debut on Dribbble

Juli 20, 2018 0 Comments A+ a-

Belum lama ini, aku baru aja mencoret satu lagi bucket list-ku yang sejujurnya udah kutulis dari jaman kuliah dulu. Yup, make a debut shot on Dribbble!

My debut shot


Ibarat seberapa berharganya kata 'Debut' di kalangan trainee perusahaan hiburan korea, ngelakuin debut di Dribbble juga sebuah achivement buat sebagian buruh grafis beserta serumpunannya. Kenapa? Karena Dribbble adalah komunitas kreatif berbasis web yang bisa dibilang punya keistimewaan 'Limited Access'.

Limited Access gimana maksudnya?
Jadi setelah kamu resmi terdaftar di sana, status kamu masih jadi anggota pasif. Yang mana, fitur web yang bisa diakses terbatas. Paling sekedar ya seluncuran aja di kolom search, atau nge-Like Shot orang lain. Karena buat mulai mengunggah Shot, kamu harus punya 'Free Pass' yang namanya Invite/Invitation. 


Terus gimana cara dapetin invitation ini, bukan sistem yang secara otomatis meng-approve. Tapi diberikan langsung oleh Player senior Dribbble. Player itu sebutan member yang sudah aktif di komunitas Dribbble. Kenapa aku bilang orang-orang yang bisa ngasih Invitation adalah senior, karena untuk dapetin jatah 'undangan', sebagai player aktif kamu harus memposting shot (karya) sebanyak yang udah ditentuin sistem. Jadi semakin banyak shot yang kamu upload ke Dribbble, semakin banyak Invitation yang bisa kamu hibahin ke member-member non-aktif.

Tampilan member pasif Dribbble
Awalnya, kupikir aku ga bakal punya kesempatan buat jadi Player di komunitas ini. Mengingat, aku ga bener-bener punya kenalan yang bisa kupalak Invitation-nya. Tapi, ga tau kenapa suatu hari aku kepikiran buat search itu di Google. Ga mungkin kan kalo ga ada yang sharing tips and trick-nya. Dan seperti dugaanku, ada dong!

So, berikut ini beberapa hal yang aku lakuin demi untuk debut di Dribbble:


[1] Cari Open Invitation

Biasanya para sesepuh ini bakal melelang invitation mereka. Jadi yang aku lakuin pertama kali ya telusuri hasil pencarian dengan embel-embel 'Invite' di kolom search Dribbble. Jangan lupa ubah filter 'Popular' jadi 'Recent' ya, supaya ga nyasar ke Open Invitation yang ternyata udah closing.

Dipilih, dipilih..

[2] Ikuti Persyaratan Yang Ada

Sama halnya Giveaway, para sesepuh jelas bakal memberikan persyaratan buat siapa aja yang berniat gabung di lapak  Invitation-nya. Kalau aku waktu itu, syarat dari Mr. Safa Paksu tergolong ga ribet. Dia cuma minta isi google form yang disertai alamat surel dan link portfolio. Bahkan dia ga minta buat di-follow, uuuuh baik sekali! Cuma kan aku tau diri jadi ku-follow ehehehehe

Lapaknya Mr. Paksu


[3] Menunggu dengan Sabar sambil Berikhtiar :"D
Seperti lirik theme song Asian Games 2018 kemarin, 'Give your best, let God do the rest' :')



I Finally Got Feedback!!

Masih di hari yang sama aku isi googleform, tiba-tiba sebuah email balasan dari si empunya lapak nangkring di inbox.

Oh my goddess!

Apa yang kulakuin pertama kali? Jungkir balik! Engga deng, yang pasti senyum-senyum gaje gitu sepanjang perjalanan pulang kantor dari Pejaten sampe Depok.


Oh ya, awalnya Mr. Safa ga bisa invite usernameku karena aku belum aktifin feature Prospect. Jadi yang kulakuin adalah menceklisnya. 

Prospect feature

Dan taraaaa! Dengan sekali klik tombol itu, I'm officially a Player.

The Invitation has been arrived~


Faktanya
Mungkin debutku ini baru kulakuin sebulanan yang lalu. Tapi jujur, invitationnya udah kudapet dari satu tahun sebelumnya. Kuulangin, SATU TAHUN YANG LALU!


Terus apa yang kulakuin selama setahun ini? Hanya aku dan Tuhan yang tau :'D


As a basically introvert, I probably take a time for admitting the whole of myself. So through here, I reminder 'The Future Me' that I've been through a lot of things. And I shall proud of it.